MUQADDIMAH
Artinya: Diriwayatkan dari Anas ra. ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. : Apabila ada sesuatu dari urusan duniamu, maka kamu lebih tahu tentang hal itu. Jika ada urusan dienmu, maka akulah tempat kembalinya ( ikuti aku ). ( H.R Ahmad). Artinya : Dirwayatkan dari 'Aisyah ra : Rasulullah saw. telah bersabda : Barangsiapa melakukan perbuatan yang bukan perintah kami, maka ia tertolak ( tidak diterima).
Dan dalam riwayat lain: Barangsiapa yang mengada-adakan dalam perintah kami ini yang bukan dari padanya, maka ia tertolak. Sementara dalam riwayat lain : Barangsiapa yang berbuat sesuatu urusan yang lain daripada perintah kami, maka ia tertolak. (HR.Ahmad. Bukhary dan Abu Dawud).
Kandungan dua hadits shahih di atas menerangkan dengan jelas dan tegas bahwa
segala perbuatan, amalan-amalan yang hubungannya dengan dien/syari'at terutama
dalam masalah ubudiyah wajib menurut panduan dan petunjuk
yang telah digariskan oleh Rasulullah saw. Tidak boleh ditambah dan/atau
dikurangi meskipun menurut fikiran
seolah-olah lebih baik. Diantara cara syaithan menggoda ummat Islam ialah
membisikkan suatu tambahan dalam urusan Dien. Sayangnya, perkara ini dianggap
soal sepele, enteng dan remeh. Padahal
perbuatan seperti itu adalah
merupakan suatu kerusakan yang amat fatal dan berbahaya.
Sabda Rasul saw. :
"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, katanya : Bahwa sesungguhnya Rasulullah
saw. berkhutbah kepada manusia
pada waktu haji Wada' . Maka beliau bersabda : Sesungguhnya Syaithan telah
berputus asa ( dalam berusaha ) agar ia disembah di bumimu ini. Tetapi ia ridha
apabila ( bisikannya) ditaati dalam hal selain itu; yakni suatu amalan yang
kamu anggap remeh dari amalan-amalan kamu, berhati-hatilah kamu sekalian.
Sesungguhnya aku telah meninggalkan untukmu , yang jika kamu berpegang
kepadanya niscaya kalian tidak
akan sesat selama-lamanya. Yaitu: Kitab Allah dan sunnah NabiNya. " ( HR.
Hakim ).
Dengan demikian dapat difahami bagaimana Rasulullah saw. mengingatkan kita agar
selalu waspada terhadap
provokasi setan untuk beramal dengan menyalahi tuntunan Nabi sekalipun hal itu
nampak remeh.
"Diriwayatkan dari Ghudwahaif bin Al-Harits ra: ia berkata : Telah
bersabda Rasulullah saw. : Setiap
suatu kaum mengadakan Bid'ah, pasti saat itu diangkat (dihilangkan ) sunnah
semisalnya. Maka berpegang teguh
kepda sunnah itu lebih baik daripada mengadakan bid'ah "( HR. Ahmad ).
Jadi, ketika amalan bid'ah ditimbulkan betapapun kecilnya, maka pada saat yang
sama Sunnah telah dimusnahkan. Pada akhirnya lama kelamaan yang nampak dalam
dien ini hanyalah perkara bid'ah sedangkan yang Sunnah dan original telah
tertutup. Pada saat itulah ummat Islam akan menjadi lemah dan dikuasai musuh.
Insya Allah tak lama lagi kita akan menyambut kedatangan Ramadhan,dalam bulan
yang penuh berkat ini
kita diwajibkan menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh , yang mana hal
tersebut
merupakan salah satu bagian dari rukun Islam.
Karenanya hal tersebut amat penting. Berkaitan dengan hal diatas, maka kita
harus berusaha semaksimal
mungkin untuk dapat menunaikan ibadah puasa ini sesempurna mungkin ,
benar-benar bebas dari bid'ah
sesuai dengan panduan yang telah digariskan oleh Rasulullah saw.
Untuk keperluan itulah dalam risalah yang sederhana ini diterangkan beberapa
hal yang berkaitan dengan amaliah puasa Ramadhan, zakat fithrah, dan Shalat
'Ied berdasarkan Nash-nash yang Shariih ( jelas ). Dalil - dalil dan KESIMPULAN
dibuat agar mudah difahami antara hubungan amal dengan dalilnya. Dan -tak ada
gading
yang tak retak- kata pepatah, sudah barang tentu risalah ini sangat jauh dari
sempurna, untuk menuju kesempurnaannya bantuan dari pemakai amat diharapkan.
Semoga risalah ini diterima oleh Allah sebagai Amal Shalih yang bermanfaat
terutama di akhirat nanti. Amien.
I. MASYRU'IYAT DAN MATLAMAT PUASA RAMADHAN.
1. "Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa,
sebagaimana diwajibkan atas
orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa "( QS Al-Baqarah :
183 ).
2. "Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai
petunjuk bagi manusia dan
penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dengan
yang bathil ), karena itu barangsiapa diantara kamu menyaksikan (masuknya bulan
ini ), maka hendaklah ia puasa... " ( Al-Baqarah : 185).
3. " Telah bersabda Rasulullah saw. : Islam didirikan di atas lima perkara: Bersaksi
bahwa tidak ada Ilah
selain Allah, dan sesungguhnya Muhammad ituadalah utusan Allah. Mendirikan
Shalat Mengeluarkan Zakat
puasa di bulan Ramadhan Menunaikan haji ke Ka'bah. ( HR.Bukhari Muslim ).
4. "Diriwayatkan dari Thalhah bin ' Ubaidillah ra. : bahwa sesungguhnya
ada seorang bertanya kepada Nabi
saw. : ia berkata : Wahai Rasulullah beritakan kepadaku puasa yang diwajibkan
oleh Allah atas diriku.
Beliau bersabda : puasa Ramadhan. Lalu orang itu bertanya lagi : Adakah puasa
lain yang diwajibkan atas
diriku ?. Beliau bersabda : tidak ada, kecuali bila engkau puasa Sunnah.
".
KESIMPULAN : Dari ayat-ayat dan hadits-hadits diatas, kita dapat mengambil
pelajaran :
1. puasa Ramadhan hukumnya Fardu ‘Ain ( dalil 1, 2, 3 dan 4 ).
2. puasa Ramadhan disyari'atkan bertujuan untuk menyempurnakan ketaqwaan (dalil
no 1).
II. KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN DAN KEUTAMAAN BERAMAL
DIDALAMNYA
1. Artinya : Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Bahwa sesungguhnya Rasulullah
saw. pernah bersabda : Ketika datang bulan Ramadhan: Sungguh telah datang
kepadamu bulan yang penuh berkat, diwajibkan atas kamu untuk
puasa, dalam bulan ini pintu Jannah dibuka, pintu Neraka ditutup, Setan- Setan
dibelenggu. Dalam bulan
ini ada suatu malam yang nilanya sama dengan seribu bulan, maka barangsiapa
diharamkan kebaikannya ( tidak
beramal baik didalamnya), sungguh telah diharamkan ( tidak mendapat kebaikan di
bulan lain seperti di bulan
ini). ( HR. Ahmad, Nasai dan Baihaqy. Hadits Shahih Ligwahairihi).
2. "Diriwayatkan dari Urfujah, ia berkata : Aku berada di tempat 'Uqbah
bin Furqad, maka masuklah ke tempat
kami seorang dari Sahabat Nabi saw. ketika Utbah melihatnya ia merasa takut
padanya, maka ia diam. Ia berkata: maka ia menerangkan tentang puasa Ramadhan
ia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda tentang bulan Ramadhan:
Di bulan Ramadhan ditutup seluruh pintu Neraka, dibuka seluruh pintu Jannah,
dan
dalam bulan ini Setan dibelenggu. Selanjutnya ia berkata : Dan dalam bulan ini
ada malaikat yang selalu menyeru : Wahai orang yang selalu mencari/ beramal kebaikan
bergembiralah anda, dan wahai orang-orang
yang mencari/berbuat kejelekan
berhentilah ( dari perbuatan jahat) . Seruan ini terus didengungkan sampai
akhir
bulan Ramadhan." (Riwayat Ahmad dan Nasai )
3. " Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra. Sesungguhnya Nabi saw. telah
bersabda : Shalat Lima waktu, Shalat
Jum'at sampai Shalat Jum'at berikutnya, puasa Ramadhan sampai puasa Ramadhan
berikutnya, adalah menutup
dosa-dosa (kecil) yang diperbuat diantara keduanya, bila dosa-dosa besar
dijauhi." ( H.R.Muslim)
4. "Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru, bahwa sesungguhnya Nabi saw.
telah bersabda: puasa dan
Qur'an itu memintakan syafa’at seseorang hamba di hari Kiamat nanti. puasa
berkata : Wahai Rabbku,aku telah
mencegah dia memakan makanan dan menyalurkan syahwatnya di siang hari, maka
berilah aku hak untuk
memintakan syafa'at baginya. Dan berkata pula AL-Qur'an : Wahai Rabbku aku
telah mencegah dia tidur
di malam hari ( karena membacaku ), maka berilah aku hak untuk memintakan
syafaat baginya. Maka keduanya
diberi hak untuk memmintakan syafaat." ( H.R. Ahmad, Hadits Hasan).
5. "Diriwayatkan dari Sahal bin Sa'ad : Sesungguhnya Nabi saw telah
bersabda : bahwa sesungguhnya bagi
Jannah itu ada sebuah pintu yang disebut " Rayyaan". Pada hari kiamat
dikatakan : Dimana orang yang puasa?
( untuk masuk Jannah melalui pintu itu), jika yang terakhir diantara mereka
sudah memasuki pintu itu,
maka ditutuplah pintu itu." (HR. Bukhary Muslim).
6. Rasulullah saw. bersabda : Barangsiapa puasa Ramadhan karena beriman dan
ikhlas, maka diampuni
dosanya yang telah lalu dan yang sekarang ( HR.Bukhary Muslim).
KESIMPULAN : Kesemua Hadits di atas memberi pelajaran kepada kita, tentang
keutamaan bulan Ramadhan dan
keutamaan beramal didalamnya, diantaranya :
1. Bulan Ramadhan adalah:
a. Bulan yang penuh Barakah.
b. Pada bulan ini pintu Jannah dibuka dan pintu neraka ditutup.
c. Pada bulan ini Setan-Setan dibelenggu.
d. Dalam bulan ini ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik
daripada beramal seribu
bulan di bulan lain, yakni malam LAILATUL QADR.
e. Pada bulan ini setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang
berbuat baik agar
bergembira dan yang berbuat ma'shiyat agar menahan diri. (dalil 1 & 2).
2. Keutamaan beramal di bulan Ramadhan antara lain :
a. Amal itu dapat menutup dosa-dosa kecil antara setelah Ramadhan yang lewat
sampai dengan Ramadhan
berikutnya.
b. Menjadikan bulan Ramadhan memintakan syafaa't.
c. Khusus bagi yang puasa disediakan pintu khusus yang bernama Rayyaan untuk
memasuki Jannah. ( dalil 3, 4,
5 dan 6).
1. "Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra. beliau berkata :
Manusia sama melihat Hilal (bulan sabit), maka akupun mengabarkan hal itu
kepada Rasululullah saw. Saya
katakan : sesungguhnya saya telah melihat Hilal. Maka beliau saw. puasa dan
memerintahkan semua orang agar
puasa." ( H.R Abu Dawud, Al-Hakim dan Ibnu Hibban).( Hadits Shahih).
2. "Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. Bahwa sesungguhnya Nabi saw. telah
bersabda: Mulailah puasa karena melihat ru'yah dan berbukalah ( akhirilah puasa
Ramadhan ) dengan melihat ru'yah. Apabila awan menutupi pandanganmu, maka
sempurnakanlah bulan Sya'ban selama Tiga Puluh hari. "( HR. Bukhary Muslim).
KESIMPULAN
1. Menetapkan awal dan akhir bulan Ramadhan dengan melihat ru'yah, meskipun
bersumber dari laporan
seseorang, yag penting adil ( dapat dipercaya ).
2. Jika bulan sabit ( Hilal ) tidak terlihat karena tertutup awan, misalnya,
maka bilangan bulan Sya'ban
digenapkan menjadi Tiga Puluh hari. (
dalil 1 dan 2).
3. Pada dasarnya ru'yah yang dilihat oleh penduduk di suatu negara, berlaku
untuk seluruh dunia. Hal ini
akan berlaku jika Khilafah ' Ala Minhaajinnabiy sudah tegak ( dalil 2 ).
4. Selama khilafah belum tegak, untuk menghindarkan meluasnya perbedaan pendapat
ummat Islam tentang hal ini, sebaiknya ummat Islam mengikuti ru'yah yag nampak di
negeri masing-masing. ( ini hanya pendapat sebagian ulama).
IV. RUKUN PUASA
1. "... dan makan dan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari
benang hitam, yaitu fajar, kemudian
sempurnakanlah puasa itu sampai malam...( AL-Baqarah : 187).
2. "Adiy bin Hatim berkata : Ketika turun ayat ; artinya (...hingga jelas
bagimu benang putih dari
benang hitam...), lalu aku mengambil seutas
benang hitam dan seutas benang putih, lalu kedua utas benang itu akau simpan
dibawah bantalku.
Maka pada waktu malam saya amati, tetapi tidak tampak jelas, maka saya pergi
menemui Rasulullah saw. dan
saya ceritakan hal ini kepada beliau. Beliapun bersabda: Yang dimaksud adalah
gelapnya malam dan
terangnya siang (fajar). " ( H.R. Bukhary Muslim).
3. "Allah Ta'ala berfirman : " Dan tidaklah mereka disuruh, kecuali
untuk beribadah kepada Allah dengan
mengikhlashkan ketaatan untukNya " ( Al-Bayyinah :5)
4. "Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya semua amal itu harus dengan
niat, dan setiap orang mendapat
balasan sesuai dengan apa yang diniatkan." ( H.R Bukhary dan Muslim).
5. "Diriwayatkan dari Hafshah , ia berkata : Telah bersabda Nabi saw. :
Barangsiapa yang tidak beniat (
puasa Ramadhan) sejak malam, maka tidak ada puasa baginya ." (HR. Abu
Dawud) Hadits Shahih.
KESIMPULAN:
Keterangan ayat dan hadit di atas memberi pelajaran kepada kita bahawa rukun
puasa Ramadhan adalah sebagai
- berikut :
a. Berniat sejak malam hari ( dalil 3,4 dan 5).
b. Menahan makan, minum, koitus (Jima') dengan istri di siang hari sejak terbit
fajar sampai terbenam
matahari ( Maghrib), ( dalil 1 dan 2).
V. YANG DIWAJIBKAN PUASA RAMADHAN.
1. "Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian untuk
puasa, sebagaimana yang telah
diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa. " (
Al-Baqarah : 183)
2. "Diriwayatkan dari Ali ra., ia berkata :
Sesungguhnya nabi saw telah bersabda : telah diangkat pena ( kewajiban syar'i/
taklif) dari tiga golongan .
- Dari orang gila sehingga dia sembuh - dari orang tidur sehingga bangun - dari
anak-anak sampai ia ia
bermimpi / dewasa." ( H.R. Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
KESIMPULAN
Keterangan di atas mengajarkan kepada kita bahwa : yang diwajibkan puasa
Ramadhan adalah: setiap orang
beriman baik lelaki maupun wanita yang sudah baligh/dewasa dan sehat akal
/sadar.
VI. YANG DILARANG PUASA
1. "Diriwayatkan dari 'Aisyah ra. ia berkata : Disaat kami haidh di masa
Rasulullah saw, kami dilarang puasa
dan diperintahkan mengqadhanya, dan kami tidak diperintah mengqadha Shalat
"( H.R Bukhary Muslim).
KESIMPULAN
Keterangan di atas memberi pelajaran kepada kita bahwa wanita yang sedang haidh
dilarang puasa sampai habis
masa haidhnya, lalu melanjutkan puasanya. Di luar Ramadhan ia wajib mengqadha
puasa yag ditinggalkannya
selama dalam haidh.
RAMADHAN
1. "(Masa yang diwajibkan kamu puasa itu ialah) bulan Ramadhan yang
padanya diturunkan Al-Qur'an, menjadi
pertunjuk bagi sekalian manusia, dan menjadi keterangan-keterangan yang menjelaskan
pertunjuk, dan
(menjelaskan) antara yang haq dengan yang bathil.
Karenanya, siapa saja dari antara kamu yang menyaksikan anak bulan Ramadhan
(atau mengetahuinya),
maka hendaklah ia puasa di bulan itu; dan siapa saja yang sakit atau dalam
musafir maka (bolehlah ia
berbuka, kemudian wajiblah ia puasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada
hari-hari yang lain.
(Dengan ketetapan yang demikian itu) Allah menghendaki kamu beroleh kemudahan,
dan Ia tidak menghendaki kamu menanggung kesukaran. Dan juga supaya kamu
cukupkan bilangan puasa (sebulan Ramadhan), dan
supaya kamu membesarkan Allah karena mendapat pertunjukNya, dan supaya kamu
bersyukur." ( Al-Baqarah :185.)
2. "Diriwayatkan dari Mu'adz , ia berkata : Sesungguhnya Allah swt telah
mewajibkan atas nabi untuk puasa, maka DIA
turunkan ayat ( dalam surat
AL -Baqarah : 183-184), maka pada
saat itu barangsiapa mau puasa dan barangsiapa mau memberi makan seorang miskin,
keduanya diterima. Kemudian Allah menurunkan ayat lain ( AL-Baqarah : 185),
maka ditetapkanlah kewajiban puasa bagi setiap orang yang mukim dan sehat dan
diberi rukhsah ( keringanan) untuk orang yang sakit dan bermusafir dan
ditetapkan cukup memberi makan orang misikin bagi oran yang sudah sangat tua dan tidak mampu
puasa. " ( HR. Ahmad, Abu Dawud ,
AL -Baihaqi dengan sanad shahih).
3. "Diriwayatkan dari Hamzah Al-Islamy : Wahai Rasulullah, aku dapati
bahwa diriku kuat untuk puasa
dalam safar, berdosakah saya ? Maka beliau bersabda : hal itu adalah merupakan
kemurahan dari Allah Ta'ala,
maka barangsiapa yang menggunakannya maka itu suatu kebaikan dan barangsiapa
yang lebih suka untuk terus
puasa maka tidak ada dosa baginya " ( H.R.Muslim)
4. "Diriwayatkan dari Sa'id Al-Khudry ra. ia berkata : Kami bepergian
bersama Rasulullah saw. ke Makkah,
sedang kami dalam keadaan puasa. Selanjutnya ia berkata : Kami berhenti di
suatu tempat. Maka
Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya kamu sekalian sudah berada ditempat yang
dekat dengan musuh kalian,
dan berbuka lebih memberi kekuatan kepada kamu. Ini merupakan rukhsah, maka
diantara kami ada yang masih
puasa dan ada juga yang berbuka. Kemudian kami berhenti di tempat lain. Maka
beliau juga bersabda:
Sesungguhnya besok kamu akan bertemu musuh, berbuka lebih memberi kekuatan
kepada kamu sekalian,maka
berbukalah. Maka ini merupakan kemestian, kamipun semuanya berbuka. Selanjutnya
bila kami bepergian
beserta Rasulullah saw. kami puasa ." ( H.R Ahmad, Muslim dan Abu Dawud).
5. "Diriwayatkan dari Sa'id Al-Khudry ra. ia berkata : Pada suatu hari
kami pergi berperang beserta
Rasulullah saw. di bulan Ramadhan. Diantara kami ada yang puasa dan diantara
kami ada yang berbuka . Yang
puasa tidak mencela yang berbuka ,dan yang berbuka tidak mencela yang puasa.
Mereka berpendapat bahwa
siapa yang mendapati dirinya ada kekuatan lalu puasa, hal itu adalah baik dan
barangsiapa yang mendapati
dirinya lemah lalu berbuka,maka hal ini juga baik " (HR. Ahmad dan Muslim)
6. "Dari Jabir bin Abdullah : Bahwa sesungguhnya Rasulullah saw. pergi
menuju ke Makkah pada waktu
fathu Makkah, beliau puasa sampai ke Kurraa’il Ghamiim dan semua manusia yang
menyertai beliau juga puasa.
Lalu dilaporkan kepada beliau bahwa manusia yang menyertai beliau merasa berat
, tetapi mereka tetap
puasa karena mereka melihat apa yang tuan amalkan ( puasa). Maka beliau meminta
segelas air lalu
diminumnya. Sedang manusia melihat beliau, lalu sebagian berbuka dan sebagian
lainnya tetap puasa.
Kemudian sampai ke telinga beliau bahwa masih ada yang nekad untuk puasa. Maka
beliaupun bersabda : mereka
itu adalah durhaka. "( HR.Tirmidzy)
7. "Ucapan Ibnu Abbas : wanita yang hamil dan wanita yang menyusui apabila
khawatir atas kesehatan anak-anak mereka, maka boleh tidak puasa dan cukup membayar
fidyah memberi makan orang miskin " ( Riwayat Abu Dawud ). Shahih
8. "Diriwayatkan dari Nafi' dari Ibnu Umar: Bahwa sesungguhnya istrinya
bertanya kepadanya ( tentang
puasa Ramadhan ), sedang ia dalam keadaan hamil. Maka ia menjawab : Berbukalah
dan berilah makan sehari
seorang miskin dan tidak usah mengqadha puasa ." ( Riwayat Baihaqi)
Shahih.
9. "Diriwayatkan dari Sa'id bin Abi 'Urwah dari Ibnu Abbas beliau berkata
: Apabila seorang wanita hamil
khawatir akan kesehatan dirinya dan wanita yang menyusui khawatir akan
kesehatan anaknya jika puasa
Ramadhan. Beliau berkata : Keduanya boleh berbuka ( tidak puasa ) dan harus
memberi makan sehari seorang
miskin dan tidak perlu mengqadha puasa" ( HR.Ath-Thabari dengan sanad
shahih di atas syarat Muslim , kitab AL-irwa jilid IV hal 19).
KESIMPULAN: Pelajaran yang dapat diambil dari keterangan di atas adalah :
Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak puasa Ramadhan,
tetapi wajib mengqadha di
bulan lain, mereka itu ialah :
a). Orang sakit yang masih ada harapan sembuh.
b) Orang yang bepergian ( Musafir ). Musafir yang merasa kuat boleh meneruskan
puasa dalam safarnya,
tetapi yang merasa lemah dan berat lebih baik berbuka, dan makruh memaksakan
diri untuk puasa.
Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak mengerjakan
puasa dan tidak wajib
mengqadha, tetapi wajib fidyah (memberi
makan sehari seorang miskin). Mereka adalah
orang yang tidak lagi mampu mengerjakan puasa karena
:
a). Umurnya sangat tua dan lemah.
b). Wanita yang menyusui dan khawatir akan kesehatan anaknya.
c). Karena mengandung dan khawatir akan kesehatan dirinya.
d). Sakit menahun yang tidak ada harapan sembuh.
e). Orang yang sehari-hari kerjanya berat yang tidak mungkin mampu dikerjakan
sambil puasa, dan tidak mendapat pekerjaan lain yang ringan. ( dalil 2,7,8 dan
9).
VIII HAL -HAL
YANG MEMBATALKAN PUASA
1. "...dan makan dan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang
hitam (fajar ), kemudian
sempurnakanlah puasa itu sampai malam..." ( Al-Baqarah : 187).
2. "Dari Abu Hurairah ra.: bahwa sesungguhnya nabi saw. telah bersabda :
Barangsiapa yang terlupa, sedang
dia dalam keadaan puasa, kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah ia sempurnakan
puasanya. Hal itu karena sesungguhnya Allah hendak memberinya karunia makan dan
minum " (Hadits Shahih, riwayat Al-Jama'ah kecuali An-Nasai).
3. Dari Abu Hurairah ra. bahwa sesungguhnya Nabi saw telah bersabda : Barang
siapa yang muntah dengan tidak
sengaja, padahal ia sedang puasa - maka tidak wajib qadha ( puasanya tetap sah
), sedang barang siapa yang
berusaha sehinggga muntah dengan sengaja, maka hendaklah ia mengqadha (
puasanya batal ). ( H.R : Abu
Daud dan At-Tirmidziy )
4. Diriwayatkan dari Aisyah ra ia berkata : Disaat kami berhaidh ( datang bulan
) dimasa Rasulullah saw. kami dilarang puasa dan diperintah untuk mengqadhanya dan
kami tidak diperintah untuk mengqadha shalat. ( H.R : Al-Bukhary dan Muslim )
5. Diriwayatkan dari Hafshah, ia berkata : Telah bersabda Nabi saw. Barang
siapa yang tidak berniat
untuk puasa ( Ramadhan ) sejak malam, maka tidak ada puasa baginya. ( H.R : Abu
Daud ) hadits shahih.
6. Telah bersabda Rasulullah saw: Bahwa sesungguhnya semua amal itu harus
dengan niat ( H.R : Al-Bukhary
dan Muslim )
7. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. ia berkata : Sesungguhnya seorang
laki-laki berkata kepada
Rasulullah saw: Ya Rasulullah saya terlanjur menyetubuhi istri saya (di siang
hari) padahal saya
dalam keadaan puasa ( Ramadhan ), maka Rasulullah saw. bersabda : Punyakah kamu
seorang budak untuk
dimerdekakan ? Ia menjawab : Tidak. Rasulullah saw bersabda : Mampukah kamu
puasa dua bulan
berturut-turut ? Lelaki itu menjawab : Tidak. Beliau bersabda lagi : Punyakah
kamu persediaan makanan untuk
memberi makan enam puluh orang miskin ? Lelaki itu menjawab : Tidak. Lalu
beliau diam, maka ketika kami
dalam keadaan semacam itu, Rasulullah datang
dengan membawa satu keranjang kurma, lalu bertanya : dimana orang yang bertanya
tadi ? ambilah kurma ini dan shadaqahkan dia. Maka orang tersebut bertanya :
Apakah kepada orang yang lebih miskin dari padaku ya Rasulullah ? Demi Allah
tidak ada diantara sudut-sudutnya ( Madinah ) keluarga yang lebih miskin daripada
keluargaku. Maka Nabi saw. lalu tertawa sampai terlihat gigi serinya kemudian
bersabda : Ambillah untuk memberi makan keluargamu. ( H.R : Al-Bukhary dan
Muslim )
KESIMPULAN
Ayat dan hadits-hadits tersebut di atas menerangkan kepada kita bahwa hal-hal
yang dapat membatalkan puasa
( Ramadhan ) ialah sbb :
a. Sengaja makan dan minum di siang hari. Bila terlupa makan dan minum di siang
hari, maka tidak membatalkan
puasa. ( dalil : 2 )
b. Sengaja membikin muntah, bila muntah dengan tidak disengajakan, maka tidak
membatalkan puasa. ( dalil : 3 )
c. Pada siang hari terdetik niat untuk berbuka. ( dalil : 5 dan 6 )
d. Dengan sengaja menyetubuhi istri di siang hari Ramadhan, ini disamping
puasanya batal ia terkena
hukum yang berupa : memerdekakan seorang hamba, bila tidak mampu maka puasa dua
bulan berturut-turut, dan
bila tidak mampu, maka memberi makan enam puluh orang miskin.( dalil : 7 )
e. Datang bulan di siang hari Ramadhan ( sebelum waktu masuk Maghrib ).( dalil
: 4 )
IX. HAL -HAL
YANG BOLEH DIKERJAKAN WAKTU IBADAH PUASA.
1. Diriwayatkan dari Aisyah ra Bahwa sesungguhnya Nabi saw. dalam keadaan junub
sampai waktu Shubuh sedang
beliau sedang dalam keadaan puasa, kemudian mandi. (H.R : Al-Bukhary dan Muslim
)
2. Diriwayatkan dari Abi Bakar bin Abdurrahman, dari sebagian sahabat-sahabat
Nabi saw. ia berkata
kepadanya : Dan sungguh telah saya lihat Rasulullah saw. menyiram air di atas
kepala beliau padahal beliau
dalam keadaan puasa karena haus dan karena udara panas. ( H.R : Ahmad, Malik
dan Abu Daud )
3. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. Bahwa sesungguhnya Nabi saw berbekam sedang
beliau dalam keadaan puasa. ( H.R : Al-Bukhary ) .
4. Diriwayatkan dari Aisyah ra Adalah Rasulullah saw mencium ( istrinya )
sedang beliau dalam keadaan puasa
dan menggauli dan bercumbu rayu dengan istrinya ( tidak sampai bersetubuh )
sedang beliau dalam keadaan
puasa, akan tetapi beliau adalah orang yang paling kuat menahan birahinya. (
H.R : Al-Jama'ah kecuali
Nasa'i) hadits shahih.
5. Diriwayatkan dari Abdullah bin Furuuj : Bahwa sesungguhnya ada seorang
wanita bertanya kepada Ummu
Salamah ra. Wanita itu berkata : Sesungguhnya suami saya mencium saya sedang
dia dan saya dalam keadaan
puasa, bagaimana pendapatmu ? Maka ia menjawab : Adalah Rasulullah r pernah
mencium saya sedang beliau
dan saya dalam keadaan puasa. ( H.R : Aththahawi dan Ahmad dengan sanad yang
baik dengan mengikut syarat
Muslim ).
6. Diriwayatkan dari Luqaidh bin Shabrah :
Sesungguhnya Nabi saw bersabda : Apabila kamu beristinsyaaq ( menghisap air ke
hidung ) keraskan kecuali kamu dalam
keadaan puasa. ( H.R : Ashhabus Sunan )
7. Perkataan ibnu Abbas : Tidak mengapa orang yang
puasa mencicipi cuka dan sesuatu yang akan dibelinya (
Ahmad dan Al-Bukhary ).
KESIMPULAN Hadits-hadits tersebut di atas memberi pelajaran kepada kita bahwa
hal-hal tersebut di bawah ini bila diamalkan tidak membatalkan puasa :
a. Menyiram air ke atas kepala pada siang hari karena haus ataupun udara panas,
demikian pula menyelam
kedalam air pada siang hari.
b. Menta'khirkan mandi junub setelah adzan Shubuh. ( dalil : 1 )
c. Berbekam pada siang hari. ( dalil : 3 )
d. Mencium, menggauli, mencumbu istri tetapi tidak sampai bersetubuh di siang
hari.( dalil 4 dan 5 )
e. Beristinsyak ( menghirup air kedalam hidung )terutama bila akan berwudhu,
asal tidak dikuatkan
menghirupnya. ( dalil : 6 )
f. Disuntik di siang hari.
g. Mencicipi makanan asal tidak ditelan.(dalil :7)
ADAB-ADAB PUASA RAMADHAN.
1. Diriwayatkan dari Umar bin Khaththab ra. Telah bersabda Rasulullah saw:
Apabila malam sudah tiba dari
arah sini dan siang telah pergi dari arah sini, sedang matahari sudah terbenam,
maka orang yang puasa boleh
berbuka. ( H.R : Al-Bukhary dan Muslim )
2. Diriwayatkan dari Sahal bin Sa’ad : Sesungguhnya Nabi saw telah bersabda :
Manusia ( ummat Islam )
masih dalam keadaan baik selama mentakjilkan (menyegerakan) berbuka. ( H.R :
Al-Bukhary dan Muslim )
3. Diriwayatakan dari Anas ra., ia berkata : Rasulullah saw berbuka dengan
makan beberapa ruthaab (
kurma basah ) sebelum shalat, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, kalau
tidak ada maka dengan
meneguk air beberapa teguk. ( H.R : Abu Daud dan Al-Hakiem )
4. Diriwayatkan dari Salman bin Amir, bahwa sesungguhnya Nabi saw. telah
bersabda : Apabila salah
seorang diantara kamu puasa hendaklah berbuka dengan kurma, bila tidak ada
kurma hendaklah dengan air,
sesungguhnya air itu bersih. ( H.R : Ahmad dan At-Tirmidzi )
5. Diriwayatkan dari Ibnu Umar : Adalah Nabi saw. selesai berbuka Beliau
berdo'a (artinya) telah pergi
rasa haus dan menjadi basah semua urat-urat dan pahala tetap ada Insya Allah. (
H.R : Ad-Daaruquthni dan Abu
Daud hadits hasan )
6. Diriwayatkan dari Anas, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw: Apabila
makan malam telah disediakan,
maka mulailah makan sebelum shalat Maghrib, janganlah mendahulukan shalat
daripada makan malam itu ( yang
sudah terhidang ). ( H.R : Al-Bukhary dan Muslim )
7. Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra: Sesungguhnya Rasulullah saw. telah
bersabda : Makan sahurlah kalian
karena sesungguhnya makan sahur itu berkah. (H.R : Al-Bukhary )
8. Diriwayatkan dari Al-Miqdam bin Ma'di Yaqrib, dari Nabi saw. bersabda :
Hendaklah kamu semua makan sahur,
karena sahur adalah makanan yang penuh berkah. ( H.R : An-Nasa'i )
9. Diriwayatkan dari Zaid bin Tsabit t berkata : Kami bersahur bersama
Rasulullah saw. kemudian kami bangkit
untuk menunaikan shalat ( Shubuh ). saya berkata : Berapa saat jarak antara
keduanya ( antara waktu sahur
dan waktu Shubuh )?Ia berkata : Selama orang membaca limapuluh ayat. ( H.R :
Al-Bukhary dan Muslim )
10. Diriwayatkan dari Amru bin Maimun, ia berkata : Adalah para sahabat
Muhammad saw. adalah orang yang
paling menyegerakan berbuka dan melambatkan makan sahur. ( H.R : Al-Baihaqi )
11. Telah bersabda Rasulullah saw: Apabila salah seorang diantara kamu
mendengar adzan dan piring masih
di tangannya janganlah diletakkan hendaklah ia menyelesaikan hajatnya (
makan/minum sahur )
daripadanya. (H.R : Ahmad dan Abu Daud dan Al-Hakiem )
12. Diriwayatkan dari Abu Usamah ra. ia berkata : Shalat telah di'iqamahkan,
sedang segelas minuman
masih di tangan Umar ra. beliau bertanya
: Apakah ini boleh saya minum wahai Rasulullah ? Beliau r.a menjawab : ya, lalu
ia meminumnya. ( H.R Ibnu Jarir )
13. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. ia berkata : Adalah Rasulullah saw. orang
yang paling dermawan dan
beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya, dan
Jibril menemuinya pada setiap
malam pada bulan Ramadhan untuk mentadaruskan beliau saw. al-qur'an dan
benar-benar Rasulullah saw. lebih
dermawan tentang kebajikan( cepat berbuat kebaikan ) daripada angin yang
dikirim.(HR Al-Bukhary )
14. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ,
ia berkata : Adalah Rasulullah
saw. menggalakkan qiyamullail ( shalat malam ) di bulan Ramadhan tanpa
memerintahkan secara wajib, maka beliau bersabda : Barang siapa yang
shalat malam di bulan Ramadhan karena beriman dan mengharapkan pahala dari
Allah, maka diampuni baginya
dosanya yang telah lalu. ( H.R : Jama'ah )
15. Diriwayatkan dari Aisyah ra. Sesungguhnya Nabi saw. apabila memasuki
sepuluh hari terakhir ( bulan
Ramadhan ) beliau benar-benar menghidupkan malam ( untuk beribadah ) dan
membangunkan istrinya ( agar
beribadah ) dengan mengencangkan ikatan sarungnya ( tidak mengumpuli istrinya
). ( H.R : Al-Bukhary dan
Muslim )
16. Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata : Adalah Nabi saw. bersungguh-sungguh
shalat malam pada sepuluh hari
terakhir ( di bulan Ramadhan ) tidak seperti
kesungguhannya dalam bulan selainnya. ( H.R : Muslim )
17. Diriwayatkan dari Abu salamah din Abdur Rahman, sesungguhnya ia telah
bertanya kepada Aisyah ra:
Bagaimana shalat malamnya Rasulullah saw di bulan Ramadhan ? maka ia menjawab :
Rasulullah saw tidak
pernah shalat malam lebih dari sebelas raka'at baik di bulan Ramadhan maupun di
bulan lainnya, caranya :
Beliau shalat empat raka'at jangan tanya baik dan panjangnya, kemudian shalat
lagi empat raka'at jangan
ditanya baik dan panjangnya, kemudian shalat tiga raka’at. ( H.R : Al-Bukhary,Muslim
dan lainnya )
18. Diriwayatkan dari Aisyah ra. ia berkata : Adalah Rasulullah saw. apabila
bangun shalat malam, beliau
membuka dengan shalat dua raka'at yang ringan, kemudian shalat delapan raka'at,
kemudian shalat
witir. ( H.R : Muslim )
19. Diriwayatkan dari Ibnu Umar ia berkata : Ada seorang laki-laki berdiri lalu ia berkata
: Wahai Rasulullah bagaimana cara shalat malam ? Maka Rasulullah r. menjawab :
Shalat malam itu dua raka'at dua raka'at. Apabila kamu khawatir masuk shalat Shubuh,
maka berwitirlah satu raka'at. ( H.R : Jama'ah )
20. Dari Aisyah ra. ia berkata : Sesungguhnya Nabi saw shalat di masjid, lalu
para sahabat shalat sesuai
dengan shalat beliau ( bermakmum di belakang ), lalu beliau shalat pada malam
kedua dan para sahabat
bermakmum dibelakangnya bertambah banyak, kemudian pada malam yang ketiga atau
yang keempat mereka
berkumpul, maka Rasulullah saw tidak keluar mengimami mereka. Setelah pagi hari
beliau bersabda : Saya telah
tahu apa yang kalian perbuat, tidak ada yang menghalangi aku untuk keluar
kepada kalian ( untuk
mengimami shalat ) melainkan aku khawatir shalat malam ini difardhukan atas
kalian. Ini terjadi pada bulan
Ramadhan. ( H.R : Al-Bukhary dan Muslim )
21. Dari Ubay bin Ka'ab t. ia berkata : Adalah Rasulullah saw. shalat witir
dengan membaca : Sabihisma Rabbikal A'la )dan ( Qul ya ayyuhal kafirun) dan
(Qulhu wallahu ahad ). ( H.R : Ahmad, Abu Daud, Annasa'i dan Ibnu Majah
22. Diriwayatkan dari Hasan bin Ali t. ia berkata : Rasulullah saw. telah
mengajarkan kepadaku beberapa
kata yang aku baca dalam qunut witir : ( artinya ) Ya Allah berilah aku
petunjuk beserta orang-orang yang
telah engkau beri petunjuk, berilah aku kesehatan yang sempurna beserta orang
yang telah engkau beri
kesehatan yang sempurna, pimpinlah aku beserta orang yang telah Engkau pimpin,
Berkatilah untukku apa yang
telah Engkau berikan, peliharalah aku dari apa yang telah Engkau tentukan. Maka
sesungguhnya Engkaulah
yang memutuskan dan tiada yang dapat memutuskan atas Engkau, bahwa tidak akan
hina siapa saja yang telah
Engkau pimpin dan tidak akan mulia siapa saja yang Engkau musuhi. Maha agung
Engkau wahai Rabb kami dan
Maha Tinggi Engkau. ( H.R : Ahmad, Abu Daud, Annasa'i, At-Tirmidzi dan Ibnu
Majah )
23. Dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi saw. bersabda : Barang siapa yang shalat
malam menepati lailatul
qadar, maka diampuni dosanya yang telah lalu. ( H.R : Jama'ah )
24. Diriwayatkan dari Aisyah ra. Sesungguhnya Rasulullah saw. telah bersabda :
berusahalah untuk
mencari lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir. ( H.R : Muslim )
25. Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra. ia berkata : Dinampakkan dalam mimpi
seorang laki-laki bahwa
lailatul qadar pada malam kedua puluh tujuh, maka Rasulullah saw. bersabda :
Sayapun bermimpi seperti
mimpimu, ( ditampakkan pada sepuluh malam terakhir, maka carilah ia ( lailatul
qadar ) pada malam-malam
ganjil. ( H.R : Muslim )
26. Diriwayatkan dari Aisyah ra. ia berkata : Saya berkata kepada Rasulullah
saw. Ya Rasulullah,
bagaimana pendapat tuan bila saya mengetahui
lailatul qadar,apa yang saya harus baca
pada malam itu ? Beliau bersabda : Bacalah ( artinya ) Yaa Allah sesungguhnya
Engkau maha pemberi ampun,
Engkau suka kepada keampunan maka ampunilah daku. ( H.R : At-Tirmidzi dan Ahmad
)
27. Diriwayatkan dari Aisyah ra. ia berkata : Adalah Rasulullah saw mengamalkan
i'tikaf pada sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan sampai beliau diwafatkan
oleh Allah Azza wa Jalla. ( H.R : Al-Bukhary dan Muslim )
28. Diriwayatkan dari Aisyah ra. ia berkata : Adalah Rasulullah saw. apabila
hendak beri'tikaf, beliau
shalat shubuh kemudian memasuki tempat i'tikafnya.......... ( H.R :Jama'ah
kecuali At-Tirmidzi )
29. Diriwayatkan dari Aisyah ra. ia berkata : Adalah Rasulullah saw. apabila
beri'tikaf , beliau
mendekatkan kepalanya kepadaku, maka aku menyisirnya, dan adalah beliau tidak
masuk ke rumah kecuali karena
untuk memenuhi hajat manusia ( buang air, mandi dll... ) ( H.R : Al-Bukhary dan
Muslim )
30. Allah ta'ala berfirman : ( artinya ) Janganlah kalian mencampuri mereka(
istri-istri kalian ) sedang
kalian dalam keadaan i'tikaf dalam masjid. Itulah batas-batas ketentuan Allah,
maka jangan di dekati...
( Al-Baqarah : 187 )
31. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. ia berkata : Telah bersabda Rasulullah
saw: Setiap amal anak bani
Adam adalah untuknya kecuali puasa, ia adalah untukku dan aku yang memberikan
pahala dengannya. Dan
sesungguhnya puasa itu adalah benteng pertahanan, pada hari ketika kamu puasa
janganlah berbuat keji , jangan
berteriak-teriak ( pertengkaran ), apabila seorang memakinya sedang ia puasa
maka hendaklah ia katakan :
" sesungguhnya saya sedang puasa" . Demi jiwa Muhammad yang ada
di tanganNya sungguh bau busuknya mulut
orang yang sedang puasa itu lebih wangi disisi Allah pada hari kiamat daripada
kasturi. Dan bagi orang yang puasa ada dua kegembiraan, apabila ia berbuka ia
gembira dengan bukanya dan apabila ia berjumpa dengan Rabbnya ia
gembira karena puasanya. ( H.R : Al-Bukhary dan Muslim )
32. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata : Sesungguhnya Nabi saw. telah
bersabda : Barang siapa
yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan amalan kebohongan, maka tidak ada
bagi Allah hajat ( untuk
menerima ) dalam hal ia meninggalkan makan dan minumnya. ( H.R: Jama'ah Kecuali
Muslim ) Maksudnya
Allah tidak merasa perlu memberi pahala puasanya.
33. Bahwa sesungguhnya Nabi saw. bersabda kepada seorang wanita Anshar yang
sering di panggil Ummu
Sinan : Apa yang menghalangimu untuk melakukan haji bersama kami ? Ia menjawab
: Keledai yang ada pada
kami yang satu dipakai oleh ayahnya si fulan ( suaminya ) untuk berhaji bersama
anaknya sedang yang
lain di pakai untuk memberi minum anak-anak kami. Nabi pun bersabda lagi :
Umrah di bulan Ramadhan sama
dengan mengerjakan haji atau haji bersamaku. ( H.R : Muslim)
34. Rasulullah sw. bersabda : Apabila datang bulan Ramadhan kerjakanlah umrah
karena umrah di dalamnya (
bulan Ramadhan ) setingkat dengan haji. ( H.R : Muslim)
KESIMPULAN
Ayat dan hadits-hadits tersebut di atas memberi pelajaran kepada kita bahwa
dalam mengamalkan puasa
Ramadhan kita perlu melaksanakan adab-adab sbb :
1. Berbuka apabila sudah masuk waktu Maghrib. ( dalil : 6 ) Sunnah berbuka
adalah sbb :
a. Disegerakan yakni sebelum melaksanakan shalat Maghrib dengan makanan yang
ringan seperti kurma, air
saja, setelah itu baru melaksanakan shalat. ( dalil : 2,3 dan 4 )
b. Tetapi apabila makan malam sudah dihidangkan, maka terus dimakan, jangan
shalat dahulu. ( dalil : 6 )
c. Setelah berbuka berdo'a dengan do'a sbb : Artinya : Telah hilang rasa haus,
dan menjadi basah semua
urat-urat dan pahala tetap wujud insya Allah. ( dalil : 5 )
2. Makan sahur. ( dalil : 7 dan 8 ) Adab-adab sahur :
a. Dilambatkan sampai akhir malam mendekati Shubuh. ( dalil 9 dan 10 )
b. Apabila pada tengah makan atau minum sahur lalu mendengar adzan Shubuh, maka
sahur boleh diteruskan sampai selesai, tidak perlu dihentikan di tengah sahur karena
sudah masuk waktu Shubuh. ( dalil 11 dan 12 ) *
Imsak tidak ada sunnahnya dan tidak pernah diamalkan pada zaman sahabat maupun
tabi'in.
3. Lebih bersifat dermawan (banyak memberi, banyak bershadaqah, banyak
menolong) dan banyak membaca
al-qur'an ( dalil : 13 )
4. Menegakkan shalat malam / shalat Tarawih dengan berjama'ah. Dan shalat
Tarawih ini lebih digiatkan lagi pada sepuluh malam terakhir( 20 hb. sampai akhir
Ramadhan). (dalil : 14,15 dan 16 ) Cara shalat Tarawih adalah :
a. Dengan berjama'ah. ( dalil : 19 )
b. Tidak lebih dari sebelas raka'at yakni salam tiap dua raka'at dikerjakan
empat kali, atau salam tiap
empat raka'at dikerjakan dua kali dan
ditutup dengan witir tiga raka'at. ( dalil : 17 )
c. Dibuka dengan dua raka'at yang ringan. ( dalil : 18 )
d. Bacaan dalam witir : Raka'at pertama : Sabihisma Rabbika. Roka't kedua : Qul
yaa ayyuhal kafirun. Raka'at ketiga : Qulhuwallahu ahad. ( dalil : 21 )
e. Membaca do'a qunut dalam shalat witir. ( dalil 22 )
5. Berusaha menepati lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir, terutama pada
malam-malam ganjil. Bila
dirasakan menepati lailatul qadar hendaklah lebih giat beribadah dan membaca :
Yaa Allah Engkaulah pengampun,
suka kepada keampunan maka ampunilah aku. ( dalil : 25 dan 26 )
6. Mengerjakan i'tikaf pada sepuluh malam terakhir. ( dalil : 27 )
Cara i'tikaf :
a. Setelah shalat Shubuh lalu masuk ke tempat i'tikaf di masjid. ( dalil 28 )
b. Tidak keluar dari tempat i'tikaf kecuali ada keperluan yang mendesak. (
dalil : 29 )
c. Tidak mencampuri istri dimasa i'tikaf. ( dalil : 30 )
7. Mengerjakan umrah. ( dalil : 33 dan 34 )
8. Menjauhi perkataan dan perbuatan
keji dan menjauhi pertengkaran. (dalil : 31 dan 32 )
Semoga Bermanfaat
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan sobat tinggalkan pesan dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan blog ini. Gunakan kata-kata yang sopan dan baik dan tidak ada unsur SARA.
terima kasih atas kunjungan anda.